Iklan

PENDEKATAN-PENDEKATAN BARU DALAM PENGAJARAN BAHASA


1.     Community Language Learning
Komunitas Belajar Bahasa adalah metode yang digunakan oleh para guru untuk mempertimbangkan murid mereka sebagai 'orang keseluruhan'. Seluruh orang berarti bahwa guru mempertimbangkan tidak hanya kecerdasan siswa mereka, tetapi juga memiliki beberapa pemahaman tentang hubungan antara perasaan siswa, reaksi fisik, reaksi pelindung naluriah, dan keinginan untuk belajar.
Para guru yang menggunakan metode ini ingin siswa mereka untuk belajar bagaimana menggunakan bahasa target komunikatif. Mereka tidak hanya berfokus pada bahasa tetapi juga pada yang mendukung peserta didik dalam proses belajar mereka. Di kelas, guru menjadi konselor. Hal ini tidak berarti para guru terlatih siswa mereka dalam psikologi.
Dalam metode ini, guru menggunakan perekam, transkripsi, refleksi pada pengalaman, mendengarkan reflektif, komputer manusia, dan tugas kelompok kecil untuk melihat 'seluruh orang-orang' kita. Dengan menggunakan pita yang direkam, mereka dapat belajar tentang percakapan dengan mudah. Guru memberikan beberapa 'potongan' di transkrip, mereka harus mengulanginya dengan dia.
Dalam metode ini, guru menggunakan kelompok-kelompok kecil untuk membantu para siswa bisa mendapatkan lebih banyak berlatih dengan bahasa target dan memungkinkan mereka untuk saling mengenal.
1.1.          Sejarah community language learning
Pada awal tahun tujuh puluhan, Charles Curran mengembangkan sebuah model pendidikan baru yang disebut "konseling-Learning". Hal ini pada dasarnya adalah contoh dari model inovatif yang terutama dianggap faktor afektif merupakan hal utama dalam proses pembelajaran. Menggambar di Rogers 'pandangan Carl bahwa peserta didik itu harus dianggap tidak sebagai kelas, tetapi sebagai kelompok, Filosofi Curran menentukan bahwa siswa harus dianggap sebagai "klien" - kebutuhan mereka yang ditangani oleh seorang "councelor" dalam bentuk guru. Brown (1994:59), dalam mengomentari pendekatan ini juga mencatat bahwa "Dalam rangka untuk belajar untuk mengambil tempat ... apa yang pertama diperlukan adalah untuk anggota berinteraksi dalam suatu hubungan interpersonal di mana siswa dan guru bekerja sama untuk memfasilitasi belajar dalam konteks untuk menilai dan setiap prizing indiviual dalam kelompok. ", Curran paling dikenal untuk studi yang luas tentang pembelajaran orang dewasa, dan beberapa masalah ia mencoba untuk mengatasi adalah sifat yang mengancam dari situasi belajar baru untuk pelajar dewasa banyak dan kecemasan yang diciptakan ketika siswa takut membuat "bodoh" dari diri mereka sendiri.
Curran percaya bahwa konseling-model pembelajaran akan membantu menurunkan pertahanan naluriah pelajar dewasa keluar, bahwa kecemasan yang disebabkan oleh konteks pendidikan dapat diturunkan melalui dukungan dari komunitas interaktif sesama peserta didik. Tujuan lain yang penting adalah untuk guru yang akan dianggap sebagai agen membantu empati dalam proses belajar, bukan ancaman.
The konseling-Learning model pendidikan juga diterapkan untuk belajar bahasa, dan dalam bentuk ini dikenal sebagai Komunitas Belajar Bahasa. Berdasarkan sebagian besar prinsip-prinsip di atas, Komunitas Belajar Bahasa berusaha untuk mendorong para guru untuk melihat siswa mereka sebagai "seluruh" orang, dimana perasaan mereka, intelek, hubungan interpersonal, reaksi pelindung, dan keinginan untuk belajar ditangani dan seimbang.
Siswa biasanya duduk dalam sebuah lingkaran, dengan guru (sebagai councelor) di luar ring. Mereka menggunakan bahasa pertama mereka untuk mengembangkan hubungan interpersonal berdasarkan kepercayaan dengan siswa lain. Ketika siswa ingin mengatakan sesuatu, mereka pertama kali mengatakannya dalam bahasa ibu mereka, yang kemudian diterjemahkan guru kembali kepada mereka menggunakan bahasa target. Mahasiswa kemudian mencoba mengulang bahasa Inggris yang digunakan oleh guru, dan kemudian mahasiswa dapat merespon dengan menggunakan proses yang sama.
Teknik ini digunakan selama periode waktu yang cukup, sampai siswa dapat menerapkan kata dalam bahasa baru tanpa terjemahan, secara bertahap bergerak dari situtation ketergantungan pada councelor-guru untuk keadaan
1.2.          Langkah-langkah Pengajaran Teori dan Teknik
CLL didasarkan pada asumsi teoritis bahwa bahasa sebagai proses sosial yang berbeda dari bahasa sebagai komunikasi. "Komunikasi lebih dari sekedar pesan yang dikirim dari pembicara ke pendengar. Pembicara pada saat yang sama adalah baik subjek dan objek dari
pesan sendiri. Komunikasi tidak hanya melibatkan transfer informasi satu arah yang lain, tetapi konstitusi sangat subjek berbicara dalam kaitannya dengan yang lain. Komunikasi adalah pertukaran yang tidak lengkap tanpa reaksi umpan balik dari destinee dari pesan (La Forge 1983).
TEKNIK
1)     Membangun hubungan
2)     Jelaskan prosedur
3)     Tetapkan batas waktu
4)     Bahasa komunikasi
5)     Manusia Komputer
·         guru-siswa berdiri di belakang
·         guru mengulang, tidak benar
·         interaksi antara siswa
·         siswa merasa dalam kontrol / bertanggung jawab
6)     Terjemahan bahasa asli
7)     Refleksikan pengalaman, berbicara tentangperasaan Guru = konselor =>ia mengerti, ia mendengarkan
8)     Menerima, tidak mengancam suasana, Non-defensif belajar> = keamanan, keterlibatan, perhatian, refleksi, retensi, diskriminasi
9)     Salah satu tugas pada suatu waktu
10)Kerjasama, persaingan
11)Pendekatan Pengalaman Bahasa: membuat cerita setelah pengalaman, perasaan adalah fokus utama
12)Guru-siswa berpusat: baik  adalah pembuat keputusan
13)Silabus dirancang oleh siswa di awal
14)Berpikir Kreatif evaluasi diri
15)Integratif Test: Ayat menulis atau lisan wawancara



PRINSIP
a.       Merekam Tape
b.      Transkripsi
c.       Refleksi Pengalaman
d.      Mendengar Reflektif
e.       Manusia Komputer
·         guru-siswa berdiri di belakang
·         guru mengulang, tidak benar
·         interaksi antara siswa
·         siswa merasa dalam kontrol / bertanggung jawab
f.        Tugas Kelompok Kecil
1.3.          Karakteristik
2.     Total Phsycal Response
Menurut Richards J dalam bukunya Approaches and Methods in Language Teaching, TPR didefinisikan: “a language teaching method built around the coordination of speech and action; it attempts to teach language through physical (motor) activity”. Jadi metode TPR (Total Physical Response) merupakan suatu metode pembelajaran bahasa yang disusun pada koordinasi perintah (command), ucapan (speech) dan gerak (action); dan berusaha untuk mengajarkan bahasa melalui aktivitas fisik (motor).
Sedangkan menurut Larsen dan Diane dalam Technique and Principles in Language Teaching, TPR atau disebut juga ”the comprehension approach” atau pendekatan pemahaman yaitu suatu metode pendekatan bahasa asing dengan instruksi atau perintah. (TPR) adalah sebuah metode yang dikembangkan oleh Dr James J. Asher , seorang profesor emeritus psikologi di San José State University , untuk membantu belajar kedua bahasa .
Metode ini bergantung pada asumsi bahwa ketika belajar atau tambahan bahasa kedua, bahasa adalah diinternalisasi melalui proses codebreaking mirip dengan pertama perkembangan bahasa dan bahwa proses memungkinkan untuk jangka waktu panjang mendengarkan dan mengembangkan pemahaman sebelum produksi. Siswa merespon perintah yang membutuhkan gerakan fisik. TPR terutama ditujukan untuk ESL / EAL guru, walaupun metode yang digunakan dalam pengajaran bahasa lain.
2.1.Sejarah Respon Fisik Total
Metode ini dikembangkan oleh seorang professor psikologi di Universitas San Jose California yang bernama Prof. Dr. James J. Asher yang telah sukses dalam pengembangan metode ini pada pembelajaran bahasa asing pada anak-anak. Ia berpendapat bahwa pengucapan langsung pada anak atau siswa mengandung suatu perintah, dan selanjutnya anak atau siswa akan merespon kepada fisiknya sebelum mereka memulai untuk menghasilkan respon verbal atau ucapan. Metode ini menjadi populer di tahun 1970 dan menarik perhatian atau kesetiaan beberapa guru, namun belum mendapat dukungan umum dari pendidik utama.
Metode TPR ini sangat mudah dan ringan dalam segi penggunaan bahasa dan juga mengandung unsur gerakan permainan sehingga dapat menghilangkan stress pada peserta didik karena masalah-masalah yang dihadapi dalam pelajarannya terutama pada saat mempelajari bahasa asing, dan juga dapat menciptakan suasana hati yang positif pada peserta didik yang dapat memfasilitasi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa dalam pelajaran tersebut. Makna atau arti dari bahasa sasaran dipelajari selama melakukan aksi.
Guru atau instruktur memiliki peran aktif dan langsung dalam menerapkan metode TPR ini. Menurut Asher ”The instructor is the director of a stage play in which the students are the actors”, yang berarti bahwa guru (instruktur) adalah sutradara dalam pertunjukan cerita dan di dalamnya siswa sebagai pelaku atau pemerannya. Guru yang memutuskan tentang apa yang akan dipelajari, siapa yang memerankan dan menampilkan materi pelajaran.
Siswa dalam TPR mempunyai peran utama sebagai pendengar dan pelaku. Siswa mendengarkan dengan penuh perhatian dan merespon secara fisik pada perintah yang diberikan guru baik secara individu maupun kelompok.
Ada 5 (lima) penekanan yang dikemukakan oleh Asher agar anak memiliki pemahaman bahasa yang disebut sebagai pendekatan pemahaman (Comprehension Approach) yaitu :
                      I.            Kemampuan pemahaman diikuti dengan keahlian produktif dalam belajar bahasa.
                  II.            Pengajaran berbicara harus ditunda dulu sebelum kemampuan pemahaman anak sudah terbangun.
               III.            Keahlian didapat melalui mendengar yang ditransfer kepada keahlian lain.
               IV.            Pengajaran harus menekankan arti daripada bentuk dan
                  V.            Pengajaran harus meminimalkan kadar stres pembelajar.
Penekanan pada pemahaman (comprehension) dan menggunakan gerakan fisik dalam mengajar bahasa asing pada level pengenalan (introductory level) sebenarnya merupakan suatu tradisi yang dilakukan sejak lama dalam pembelajaran bahasa yang biasa disebut sebagai Action based teaching strategy atau English through Actions yang kemudian berkembang menjadi metode Total Physical Respons (TPR). contoh pembelajaran dengan metode ini adalah sebagai berikut: ketika mengenalkan kata Stand up (berdiri) semua anak ikut berdiri sambil mendengarkan (listening) kata stand up dan mengucapkan (speak) kata  stand up tersebut. Disini kita tidak perlu menekankan pada pengenalan bahasa tulis (written language) walaupun kita bisa sekali-sekali menuliskan kata tersebut tapi tidak menjadi keharusan.
Langkah-langkah
Dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode TPR ini banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan oleh guru dan siswa antara lain:
·         Latihan dengan menggunakan perintah (Imperative Drill ), merupakan aktivitas utama yang dilakukan guru di dalam kelas dari metode TPR. Latihan berguna untuk memperoleh gerakan fisik dan aktivitas dari siswa.
·         Dialog atau percakapan (conversational dialogue).
·         Bermain peran (Role Play), dapat dipusatkan pada aktivitas sehari-hari seperti di sekolah, restoran, pasar, dll.
·         Presentasi dengan OHP atau LCD
·         Aktivitas membaca (Reading) dan menulis (Writing) untuk menambah perbendaharaan kata (vocabularies) dan juga melatih pada susunan kalimat berdasarkan tenses dan sebagainya.
Teori pembelajaran TPR
Teori pembelajaran bahasa TPR yang diterapkan pertama kali oleh Asher ini mengingatkan pada beberapa pandangan para psikolog, misalnya Arthur Jensen yang pernah mengusulkan sebuah model 7-langkah unutk mendeskripsikan perkembangan pembelajaran verbal anak. Model ini sangat mirip dengan pandangan Asher tentang penguasaan bahasa anak. Asher menyajikan 3 hipotesa pembelajaran yang berpengaruh yaitu:
1.      Terdapat bio-program bawaan yang spesifik untuk pembelajaran bahasa yang menggambarkan sebuah alur yang optimal untuk pengembangan bahasa pertama dan kedua.
2.      Lateralisasi otak menggambarkan fungsi pembelajaran yang berbeda pada otak kiri dan kanan.
3.      Stres mempengaruhi aktivitas pembelajaran dan apa yang akan dipelajari oleh peserta didik, stress yang lebih rendah kapasitasnya maka pembelajaran menjadi lebih baik.
3.     Natural Approach
Pendekatan Alam tumbuh dari yang pengalaman mengajar kelas Terrell Spanyol. Sejak saat itu Terrell dan lainnya telah melakukan percobaan dengan menerapkan Pendekatan Alam di dasar-untuk-tingkat kelas maju dan dengan bahasa lainnya. Pada saat yang sama ia telah bergabung dengan Stephen Krashen, seorang ahli bahasa yang diterapkan di University of Southern California, dalam mengelaborasi pemikiran teoretis untuk Pendekatan Alam, menggambar pada teori berpengaruh Krashen akuisisi bahasa kedua. Terrell, ditambah pernyataan dan Krashen prinsip-prinsip dan praktek Pendekatan Alam muncul dalam buku mereka, The Pendekatan Alam, diterbitkan pada tahun 1983.
Pendekatan Alam telah menarik minat yang lebih luas daripada beberapa proposal pengajaran bahasa yang inovatif lain yang dibahas dalam buku ini, terutama karena dukungan dengan Krashen. dan Terrell buku Krashen berisi bagian-bagian teoritis disusun oleh Krashen yang menguraikan pandangannya tentang akuisisi bahasa kedua (Krashen 1981; 1982), dan bagian atas dan kelas prosedur pelaksanaan, sebagian besar disiapkan oleh Terrell.
Krashen dan Terrell telah mengidentifikasi Pendekatan Alam dengan apa yang mereka sebut "tradisional" pendekatan untuk pengajaran bahasa. pendekatan tradisional didefinisikan sebagai "berdasarkan penggunaan bahasa dalam situasi komunikatif tanpa recourse ke bahasa asli" - dan, mungkin, tentu saja, tanpa mengacu pada analisis gramatikal, pengeboran gramatikal, atau teori tertentu tata bahasa. Krashen dan Terrell dicatat bahwa "pendekatan telah dipanggil alami, psikologis, fonetik, baru, reformasi, langsung, analitis, suka meniru dan sebagainya" (Krashen dan Terrell 1983: 9). Fakta bahwa penulis Pendekatan Alam berhubungan pendekatan mereka untuk Metode Alam telah membuat beberapa menganggap chatting Alam Pendekatan dan Metode Alam merupakan sinonim. Meskipun tradisi adalah sesuatu yang umum, ada penting  perbedaan antara Pendekatan Alam dan Alam Metode yang lebih tua, yang akan berguna untuk mempertimbangkan sejak awal.
3.1.            Sejarah
Stephen Krashen dan Tracy Terrell mengembangkan Pendekatan Alam di awal tahun delapan puluhan (Krashen dan Terrell, 1983), berdasarkan teori Krashen's tentang akuisisi bahasa kedua. Pendekatan ini memiliki banyak kesamaan dengan Total Fisik Asyer metode Response dalam hal advokasi perlunya fase diam, menunggu untuk produksi berbicara dengan "muncul" dengan sendirinya, dan menekankan kebutuhan untuk membuat peserta didik sesantai mungkin selama proses belajar. Beberapa prinsip dasar penting adalah bahwa harus ada banyak bahasa "akuisisi" sebagai lawan dari bahasa "pemrosesan", dan harus ada cukup banyak masukan komprehensif dari guru. Arti dianggap sebagai esensi bahasa dan kosa kata (bukan tata bahasa) merupakan jantung dari bahasa.
Sebagai bagian dari Pendekatan Alam, siswa mendengarkan guru menggunakan bahasa target komunikatif dari awal. Ini memiliki kesamaan tertentu dengan banyak metode sebelumnya langsung, dengan pengecualian penting bahwa siswa diijinkan untuk menggunakan bahasa ibu mereka di samping bahasa target sebagai bagian dari proses belajar bahasa. Pada tahap awal, siswa tidak dikoreksi selama produksi lisan, sebagai guru yang berfokus pada makna bukan pada bentuk (kecuali kesalahan sangat drastis sehingga benar-benar menghalangi makna).
Komunikatif berlaku di seluruh kegiatan kursus bahasa menggunakan Pendekatan Alam, berfokus pada berbagai kegiatan termasuk game, roleplays, dialog kerja kelompok, dan diskusi.
Ada tiga tahap generik yang diidentifikasi dalam pendekatan:
         i.            praproduksi - mengembangkan keterampilan mendengarkan;
       ii.            Produksi Awal - perjuangan siswa dengan bahasa dan membuat banyak kesalahan yang dikoreksi dan tidak didasarkan pada struktur konten;
     iii.            Memperluas Produksi - mempromosikan kelancaran melalui berbagai kegiatan yang lebih menantang.
3.2.            Langkah-langkah
Ketika peserta didik siap untuk mulai berbicara dalam bahasa baru, guru memberikan bahasa dipahami dan peluang respon sederhana. Guru berbicara perlahan dan jelas, mengajukan pertanyaan dan memunculkan satu kata jawaban. Ada kemajuan bertahap dari Ya / Tidak ada pertanyaan, baik melalui-atau pertanyaan, untuk pertanyaan yang siswa bisa menjawab dengan menggunakan kata-kata yang mereka dengar digunakan oleh guru. Siswa tidak diharapkan untuk menggunakan kata aktif sampai mereka telah mendengar beberapa kali. Grafik, gambar, iklan, dan realia lainnya berfungsi sebagai titik fokus untuk pertanyaan, dan ketika siswa kompetensi izin, bicara bergerak ke anggota kelas. "Akuisisi kegiatan" - yang fokus pada komunikasi yang berarti daripada bentuk bahasa - ditekankan. Pasangan atau tugas kelompok boleh dipekerjakan, diikuti oleh seluruh diskusi kelas dipimpin oleh guru.
Teknik yang direkomendasikan oleh Krashen dan Terrell sering dipinjam dari metode lain dan disesuaikan untuk memenuhi persyaratan teori Pendekatan Alam. Ini termasuk kegiatan berbasis perintah dari Respon Fisik Total; Metode langsung kegiatan yang mime, sikap, dan konteks digunakan untuk memperoleh pertanyaan dan jawaban, dan situasi berbasis praktik bahkan struktur dan pola. Kelompok kerja kegiatan ini sering identik dengan yang digunakan dalam Pengajaran Bahasa Komunikatif, dimana berbagi informasi dalam rangka untuk menyelesaikan tugas ditekankan. Tidak ada novel tentang prosedur dan teknik menganjurkan untuk digunakan dengan Pendekatan Alam. Seorang pengamat biasa mungkin tidak menyadari filosofi dasar teknik kelas ia mengamati. Yang mengkarakterisasi Pendekatan Alam adalah penggunaan teknik akrab dalam kerangka metode yang berfokus pada memberikan masukan dipahami dan lingkungan kelas yang isyarat pemahaman input, meminimalkan kecemasan pelajar.



4.     Silent Way
Jalan Diam adalah sebuah pendekatan untuk belajar bahasa yang dikembangkan oleh Dr Kaleb Gattegno (1911-1988). Dr. Gattegno also worked in other areas of education, notably mathematics and literacy. Dr Gattegno juga bekerja di daerah lain pendidikan, khususnya matematika dan keaksaraan.
1.1.          Sejarah
Caleb Gattegno mendirikan The Way Silent sebagai metode untuk bahasa belajar di awal tahun 70an, berbagi banyak prinsip penting yang sama seperti kode kognitif dan memanfaatkan baik dari teori yang mendasari penemuan belajar.
Beberapa dasar teori's Cattegno adalah bahwa "pengajaran harus subordinasi untuk belajar" dan "guru bekerja dengan mahasiswa, siswa bekerja pada bahasa". Yang Karakteristik yang paling menonjol dari metode ini adalah bahwa guru biasanya tinggal "diam" sebagian besar waktu itu, sebagai bagian dari perannya sebagai fasilitator dan stimulator, dan dengan demikian nama populer metode.
Pembelajaran bahasa biasanya dilihat sebagai kegiatan pemecahan masalah yang harus terlibat dalam oleh siswa baik secara independen maupun sebagai sebuah kelompok, dan guru perlu tetap keluar dari jalan dalam proses sebanyak mungkin.
Jalan Diam juga terkenal untuk penggunaan biasa, batang berwarna kecil panjang yang bervariasi (batang cuisinere) dan warna-kode grafik kata yang menggambarkan nilai-nilai pengucapan, kosakata dan paradigma tata bahasa. Ini adalah metode yang unik dan yang pertama dari jenisnya untuk benar-benar berkonsentrasi pada prinsip-prinsip kognitif dalam belajar bahasa.
5.     Suggestopedy
Sugestopedia adalah metode pengajaran yang dikembangkan oleh psikoterapis Bulgaria Georgi Lozanov . Hal ini digunakan dalam berbagai bidang, tetapi kebanyakan dalam bidang pembelajaran bahasa asing. Lozanov telah mengklaim bahwa dengan menggunakan metode ini siswa guru dapat belajar bahasa sekitar tiga hingga lima kali secepat melalui metode pengajaran konvensional.
Teori ini diterapkan positif saran dalam mengajar ketika dikembangkan pada 1970-an. Namun, sebagai metode membaik, lebih memusatkan perhatiannya lebih pada "belajar desuggestive" dan sekarang sering disebut "desuggestopedia." Sugestopedia adalah portmanteau dari "kata-kata" saran dan " pedagogi ". Kesalahpahaman yang umum adalah untuk menghubungkan" saran "untuk" hipnosis "Namun,. Lozanov dimaksudkan dalam arti yang menawarkan atau mengusulkan, menekankan pilihan mahasiswa.
Tujuan dimaksud Sugestopedia adalah untuk meningkatkan pembelajaran dengan menurunkan filter afektif peserta didik. Lozanov klaim di website nya, Suggestology dan Suggestopedy , bahwa "Sugestopedia adalah suatu sistem pembebasan", pembebasan dari awal konsep negatif " tentang kesulitan dalam proses pembelajaran "yang didirikan sepanjang hidup mereka di masyarakat. Desuggestopedia lebih berfokus pada pembebasan sebagai Lozanov menjelaskan "belajar desuggestive" sebagai "bebas, tanpa tekanan yang paling ringan, pembebasan program yang pernah disarankan untuk membatasi kecerdasan dan akuisisi spontan pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan." Metode mengimplementasikan ini dengan bekerja tidak hanya pada tingkat sadar pikiran manusia tetapi juga pada tingkat bawah sadar, cadangan pikiran. Karena bekerja pada cadangan dalam pikiran manusia dan otak, yang dikatakan memiliki kapasitas terbatas, seseorang dapat mengajar lebih dari metode lain dapat mengajarkan pada jumlah waktu yang sama.

DAFTAR PUSTAKA

Jack C. Richards dan Theodore S. Rodgers. (2001), Pendekatan dan Metode dalam Pengajaran Bahasa. (2nd edition) Cambridge University Press. pp 90-99.
Earl W. Stevick (1976) Memory, Makna dan Metode: beberapa perspektif psikologis pada Belajar Bahasa. Newbury House.
 "The Total Physical Response Approach to Second Language Learning" by James J. Asher. The Modern Language Journal , Vol. ^ "Pendekatan Respon Fisik Total Belajar Bahasa Kedua" oleh James J. Asher,. Bahasa Modern Journal Vol. 53, No. 1 (Jan., 1969), pp. 3-17 53, No 1 (Januari, 1969), hlm 3-17
"The Learning Strategy of the Total Physical Response: A Review" by James J. Asher The Modern Language Journal, Vol. "Strategi Belajar dari Respon Fisik Total: Review A" oleh James J. Asher The Modern Language Journal, Vol. 50, No. 2 (Feb., 1966), pp. 79-84 50, No 2 (Februari, 1966), hlm 79-84
 

Article Top Ads

Central Ads Article 1

Middle Ads Article 2

Article Bottom Ads